Jumat, 26 November 2010

BAB 3

BAB III

METODE PENELITIAN

Jenis Data dan Sumber Data

Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang diambil melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen minimarket Alfamart dan Indomaret di Perumahan Barata, Bekasi.

Populasi dan Obyek Penelitian

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 20 orang konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di Perumahan Barata, Bekasi. Sedangkan obyek penelitian ini adalah ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di Perumahan Barata, Bekasi.

Metode Pengambilan Data

Metode Pengumpulan Data Sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian deskriptif. Maka metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei, yaitu teknik pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung berupa opini atau pendapat dari subjek yang diteliti (responden) dengan menjawab pernyataan-pernyataan kuesioner. Survei dilakukan kepada para konsumen ritel minimarket Alfamart yang terletak di jalan Flamboyan no.9 dan Indomaret jalan Flamboyan no.11 Perumahan Barata, Bekasi Utara. Dengan mengajukan kuesioner kepada 20 orang responden. Kuesioner berbentuk pernyataan tertutup, yaitu kuesioner yang menyajikan pernyataan dengan pilihan jawaban.

Teknik pengukuran atau penskalaan yang digunakan adalah skala likert. Penelitian terhadap pernyataan diberi bobot nilai 5 untuk penilaian Sangat Setuju, bobot nilai 4 untuk penilaian Setuju, bobot nilai 3 untuk penilaian Cukup Setuju, bobot nilai 2 untuk penilaian Tidak Setuju, bobot nilai 1 untuk penilaian Sangat Tidak Setuju.

Variabel Penelitian

Indikator pengukur variabel yang digunakan adalah:

1. Variabel Lokasi :

a. Banyaknya sarana transportasi yang menunjang.

b. Lokasi dapat dilihat dengan jelas dari tepi jalan.

c. Lingkungan sekitar yang asri dan teduh.

d. Tempat parkir yang luas dan aman.

2. Variabel Iklan dan Promosi :

a. Adanya iklan yang menarik.

b. Informasi katalog yang dapat dipercaya.

c. Adanya undian berhadiah.

d. Adanya hadiah langsung atas pembelian sejumlah barang tertentu.

3. Variabel Harga :

a. Harga barang sesuai dengan harga pasar.

b. Adanya potongan harga.

c. Harga produk kompetitif dengan harga yang ditawarkan pesaing.

d. Terdapat diskon khusus pada event tertentu.

4. Variabel Kelengkapan Produk :

a. Kelengkapan variasi dan jenis barang yang ditawarkan.

b. Produk yang ditawarkan merupakan kebutuhan sehari-hari.

c. Produk yang ditawarkan berkualitas.

d. Tersedia penyaji informasi untuk barang - barang dengan harga promosi.

5. Variabel Pelayanan :

a. Pengetahuan pramuniaga atas produk yang ditawarkan.

b. Pramuniaga yang ramah dan sopan.

c. Proses transaksi pembayaran yang cepat.

d. Kasir memberikan penjelasan yang cukup jelas mengenai cara pembayaran (tunai,

debet, kredit).

Model Penlitian

Variabel Penelitian

Variabel

Keteranagan

Jenis

Notasi

Y1

Kepuasan konsumen

Variabel Terikat

Ykk

X1

Lokasi

Variabel Bebas

Xl

X2

Iklan dan Promosi

Variabel Bebas

Xip

X3

Harga

Variabel Bebas

Xh

X4

Kelengkapan Produk

Variabel Bebas

Xkp

X5

Pelayanan

Variabel Bebas

Xp

Dari tabel diatas maka akan didapat model penelitian sebagai berikut:

Ykk = Xl + Xip + Xh + Xkp + Xp + e

Metode Analisis Data

Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik dengan mengggunakan analisis validitas dan reliabilitas, analisis faktor, analisis korelasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 11.0. karena keterbatasan waktu, maka jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 20 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar