Selasa, 02 November 2010

Review Jurnal 2

Tema : Kepuasan Konsumen

Masalah : mencari tahu variabel yang dominan dengan menguji variabel-variabel pembentuk kepuasan konsumen pada usaha ritel Hipermarket.

Judul : Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen Pada Ritel Hipermarket di Depok

Penulis : Raudhah Maria Ulfah

Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma

LATAR BELAKANG

Industri Ritel yang tumbuh pesat dewasa ini merupakan hasil dari meningkatnya beragam hasil produksi yang dikemas dan ditata dalam rupa yang yang lebih menarik, dan juga keperluan konsumen terhadap barang meningkat baik dalam kualitas maupun kuantitas. Peluang inilah yang ditangkap oleh pemodal asing yang demikan agresif membangun jaringan ritel di kota-kota besar di Indonesia.

Melihat banyaknya konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka ragam saat ini, membuat peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk mendirikan tempat ritel modern di kota Depok, bisa dilihat ritel modern baru di Depok, misalnya Hypermart, Giant, Carrefour dan masih ada beberapa ritel modern yang lain.

TUJUAN

Penulis ingin menguji beberapa variabel pembentuk kepuasan konsumen di perusahaan ritel Hipermarket di kota Depok.

METODE PENELETIAN

1. Kerangka Penelitian

Teori Zeithmal

2. Data dan Sunber Data

Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang diambil melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen hipermarket di Depok.

3. Populasi dan Sampel

Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi. Peneliti mengambil sampel sebesar 100 orang konsumen pada ritel hipermarket di Depok.

4. Definisi Operasional dan Pengukuran Variabel

Zeithaml mengidentifikasi lima dimensi pokok dalam menentukan kualitas jasa, yaitu sebagai berikut :

1. Keandalan (realibility).

2. Daya tanggap (responsiveness).

3. Jaminan (assurance).

4. Empati (empathy).

5. Bukti Fisik (Tangibles).

5. Teknik Analisi Data

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis korelasi, dan analisis faktor dengan alat analisis SPSS versi 11.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Analisis Korelasi Antar Variabel

Untuk melihat apakah ada hubungan antar variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel hipermarket di Depok dan memudahkan membuat hipotesis, maka dilakukan dengan menggunakan Korelasi Pearson.

Analisis Faktor

Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antar variabel – variabel yang membentuk kepuasan konsumen pada ritel hipermarket di Depok maka dilakukan perhitungan dengan menggunakan Tabel Component Matrix seperti berikut :

Tabel 4. Component Matrix

Component

1

Bukti Fisik

0.619

Keandalan

0.741

Daya Tanggap

0.933

Jaminan

0.857

Empati

0.797

Extraction Method: Principal Component Analysis.

a 1 components extracted.

Sumber : data diolah spss.11

Dari tabel tersebut di atas komponen daya tanggap merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

KESIMPULAN

Dari lima variabel yang telah diuji dan dianalisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

1. Hubungan antar variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket di Depok adalah signifikan.

2. Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.

3. Dari lima variabel yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel hipermarket adalah variabel Daya Tanggap.

SARAN

Dengan mengetahui bahwa lima variabel kualitas jasa dapat membentuk kepuasan konsumen pada ritel hipermarket di Depok, maka penelitian ini bisa menjadi masukan bagi pengusaha ritel modern untuk lebih memahami konsumen dan mengaplikasikannya kedalam strategi pemasaran.

Daya Tanggap menunjukkan variabel yang paling mendominasi dalam membentuk kepuasan konsumen berbelanja pada ritel hipermarket di Depok, untuk variabel-variabel yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan pelayanan yang telah disediakan agar pelayanan kualitas jasa yang disediakan pada ritel hypermarket diterima baik oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar