Analisis Variabel Pembentuk Kepuasan Konsumen Pada Ritel Minimarket Alfamart dan Indomaret Di Wilayah Perumahan Barata Bekasi
Tema : Kepuasan konsumen
Nama :
Wahyu Ardimas
Kelas : 3EA10
NPM : 11208271
Latar Belakang Masalah
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia setelah masa krisis pada tahun 1998 terus membaik, itu terbukti dengan terjadinya perubahan di berbagai sektor yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang cukup pesat. P
erkembangan ini tentunya diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Sektor ritel merupakan salah satu sektor yang mengalami perkembangan signifikan serta memberikan kontribusi positif dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Berkembangnya sektor ritel tidak terlepas dari adanya pergeseran atau perubahan gaya hidup dari tradisional menjadi modern, sehingga menciptakan perubahan pola perilaku belanja seseorang terutama di kota-kota besar. Hal inilah yang ditangkap oleh sebagian orang sebagai suatu peluang usaha dengan membuat tempat berbelanja yang nyaman dan aman. Tempat belanja membuat beragam ha
sil produksi dikemas dan ditata dalam rupa yang lebih menarik, sehingga perilaku konsumen terhadap barang meningkat baik dalam kualitas maupun kuantitas.
Bentuk usaha ritel yang mengalami perkembangan cukup pesat adalah minimarket. Belakangan ini perkembangan minimarket tampak cukup pesat, terbukti d
engan banyaknya bermunculan minimarket dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang semakin lengkap. Minimarket menyediakan berbagai macam barang kebutuhan konsumen sehari-hari secara lengkap. Pada dasarnya keberhasilan usaha pada bidang ritel berada pada pengadaan barang, baik secara kualitas maupun kuantitas, harga yang terjangkau, dan memberikan kenyamanan dalam berbelanja guna meningkatkan jumlah konsumen yang berkunjung pada ritel tersebut.
Guna menjawab atas banyaknya keinginan konsumen yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang beraneka ragam saat ini, memberi peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk mendirikan tempat ritel minimarket di kota Bekasi. Hal ini menunjukkan bahwa kota Bekasi merupakan wilayah yang diminati oleh para pelaku bisnis u
ntuk mengembangkan usahanya. Dapat kita lihat, dikawasan perumahan Barata berdiri dua ritel minimarket yang posisinya berdekatan yaitu Alfamart dan Indomaret. Dimana keduanya saling bersaing dengan strategi pemasarannya masing-masing guna meningkatkan jumlah konsumen yang berkunjung pada ritel minimarket tersebut. Dalam hal ini peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian guna mengetahui persepsi konsumen dengan memperhatikan variabel-variabel pembentuk persepsi konsumen dalam berbelanja pada ritel minimarket di kota Bekasi khususnya dikawasan perumahan Barata.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Apakah variabel yang paling dominan dalam membentuk kepuasan konsumen pada ritel
minimarket Alfamart dan Indomaret?
2. Apa sajakah startegi yang dilakukan oleh ritel minimarket Alfamart dan Indomaret dalam menarik konsumen?
3. Apakah fasilitas atau jasa pelayanan yang
diberikan berpengaruh terhadap tingkat pengunjung pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret?
Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui variabel yang paling dominan dalam membentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret.
2. Untuk Mengetahui starategi yang dilakuka
n oleh ritel minimarket Alfamart dan Indomaret dalam menarik konsumen.
3. Untuk mengidentifikasi fasilitas atau jasa pelayanan yang diberikan berpengaruh atau tidak terhadap tingkat pengunjung pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret.
Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat kita peroleh dari penelitian ini antara lain adalah:
1. Sebagai bahan masukan bagi para pelaku usaha ritel untuk dapat memenuhi kepuasan konsumennya.
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi pelaku usaha ritel untuk pengambilan keputusan dalam menjalankan usahanya.
3. Dapat menjadi referensi dalam pembuatan penelitian dalam konteks sejenis dengan ruang lingkup yang sejenis.
Kerangka Pemikiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar