Minggu, 02 Januari 2011

Bab 5

KESIMPULAN DAN SARAN

Dari lima variabel yang telah diuji dan dianalisis dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Hubungan antar variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di wilayah Bekasi adalah signifikan.

2. Variabel lokasi, iklan dan promosi, harga, kelengkapan produk, dan pelayanan mampu membentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret.

3. Dari lima variabel yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret adalah variabel harga.

Dengan mengetahui bahwa lima variabel tersebut dapat membentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret, maka penelitian ini bisa menjadi masukan bagi pengusaha ritel minimarket untuk lebih memahami konsumen dan mengaplikasikannya ke dalam strategi pemasaran. Harga menunjukkan variabel yang paling mendominasi dalam membentuk kepuasan konsumen berbelanja pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di wilayah Perumahan Barata kota Bekasi. Untuk variabel-variabel yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan pelayanan yang telah disediakan agar pelayanan kualitas jasa yang disediakan pada ritel minimarket diterima baik oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar